Selasa, 10 Mei 2016

JANGAN TERGESA GESA

Manusia itu adalah makhluk yang sering tergesa gesa , baik dalam bertindak maupun mengambil keputusan. Walaupun tidak sedikit juga yang memiliki sifat telaten dan sabar dalam bertindak, berbuat dan berfikir namun sifat tergesa gesa seakan akan sudah menjadi sifat dasar manusia.
Seringkali dalam menyadarkan orang akan sifat tergesa gesa dengan beberapa pepatah seperti diantaranya " Jadilah seperti tukang kayu, ukur sepuluh kali dan potong sekali" yang memiliki makna bahwa apabila salah dalam bertindak maka hasil akhir adalah sia sia .

Dalam surah pertama turunnya wahyu kepada Nabi Muhammad SAW, terdapat kata "Iqra" yang disebut malaikat Jibril sampai tiga kali, yang meminta Nabi Muhammad membaca . Sebenarnya kisah ini bukan hanya memiliki makna bahwa apapun yg akan kita perbuat, katakan dan berfikir bacalah dengan nama Tuhanmu, namun ada makna yg terselubung yaitu membaca apa yang kita temui berulang kali, mebaca apa yang kita hadapi berulang kali, membaca apa yg kita alami berulang kali . Agar tindakan apapun yg akan kita ambil tidak salah dan tetap dalam kesadaran yg sepenuhnya .
Ketergesaan tidak memiliki kontribusi apapun selain kemungkinan salah yg besar, dan perlu dicatat bahwa sangatlah jauh berbeda ketergesaan dengan kecepatan apa yang sedang kita lakukan . Bukan berarti kecepatan berarti ketergesaan karena bisa saja cepat namun segala sesuatunya telah kita perhitungkan dengan matang .

Mulailah membiasakan.berfikir sebelum bertindak .
Kebon sirih  10.05.2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar