Pengertian Analisis SWOT beserta manfaat, tujuan, dan contoh analisis SWOT dalam
penerapannya. Pernah mendengar istilah analisa SWOT? Menganalisis SWOT adalah
suatu upaya yang dilakukan dalam kegiatan usaha untuk penetapan strategi
bisnis. Biasanya, analisis ini menggunakan panduan sistematis atau kerangka
dalam menjalankan diskusi agar lebih terarah dan fokus pada hal yang ingin
dicapai. Analisis tersebut juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan suatu
perusahaan untuk mengambil keputusan dalam pengembangan bisnis yang dijalani.
Tak hanya itu, analisa SWOT ini juga berfungsi
sebagai instrumen yang tepat dan bermanfaat dalam melaksanakan aktivitas
analisis strategis. Menggunakan analisis ini, maka organisasi atau perusahaan
bisa meminimalisir dampak ancaman atau kelemahan yang harus dihadapi. Berikut
akan kami paparkan mengenai apa itu Analisis SWOT beserta contoh analisis SWOT
di berbagai bidang bisnis.
Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
Wijdajakusuma dan Yusanto (2003) berpendapat
bahwa analisis swot adalah suatu instrumen eksternal dan internal perusahaan
yang sudah banyak dipakai. Analisis ini fokus pada basis data perkembangan
organisasi atau perusahaan menggunakan pola 3-1-5. Arti dari pola tersebut adalah
analisa dilakukan berdasarkan data perkembangan perusahaan atau organisasi tiga
tahun sebelum analisis, kemudian tahun analisis dilakukan dan pasca analisis
untuk perkembangan lima tahun ke depan. Kegiatan analisis ini dilakukan agar
strategi yang diambil organisasi bisa dipertanggungjawabkan berdasarkan fakta
dan dasar yang kuat.
Menurut Robinson dan Pearce (1997) analisis SWOT merupakan salah
satu komponen penting dalam manajemen strategik. Analisis SWOT ini
mencakup faktor intern perusahaan. Dimana nantinya akan menghasilkan profil
perusahaan sekaligus memahami dan mengidentifikasikan kelemahan dan kekuatan
organisasi. Kelemahan dan kekuatan ini kemudian akan dibandingkan dengan
ancaman ekstern dan peluang sebagai dasar untuk menghasilkan opsi atau
alternatif strategi lain.
Pendapat lain dikemukakan Rangkuti (1997) yang
menyatakan bahwa pengertian swot adalah proses identifikasi berbagai faktor
yang dilakukan secara sistematis agar bisa merumuskan strategi organisasi
dengan tepat. Analisis dilakukan berdasarkan logika yang bisa mengoptimalkan
kekuatan atau Strengths serta peluang atau Opportunities. Tapi secara
beriringan, analisis ini juga harus bisa meminimalkan ancaman atau Threats dan
kelemahan atau Weaknesses. Proses dalam pengambilan keputusan strategis
diketahui memang selalu berhubungan langsung dengan kebijakan perusahaan,
strategi, tujuan dan pengembangan misi. Artinya, perencana strategis harus
menganalisa berbagai faktor strategis organisasi atau perusahaan mulai dari
kekuatan, peluang, ancaman dan kelemahan. Tidak mengherankan jika analisa swot
juga disebut dengan nama Analisis Situasi.
Pengertian analisis SWOT menurut Jogiyanto (2005)adalah
suatu penilaian atas kelemahan-kelemahan dan kekuatan-kekuatan dari semua
sumber daya yang dimiliki oleh organisasi. Hal ini juga mencakup tantangan yang
akan dihadapi dan kesempatan eksternal ke depannya. Armstrong dan Kotler (2008)
berpendapat bahwa pengertian analisis swot merupakan penilaian menyeluruh yang
dilakukan terhadap kekuatan, peluang, kelemahan, dan juga ancaman suatu
perusahaan. Kegiatan analisis ini sangat diperlukan agar perusahaan bisa
menentukan strategi yang akan dilakukan perusahaan. Baik strategi promosi,
strategi penjualan dan lain sebagainya.
Pengertian Analisis
Menurut Harline dan Ferrel (2005) fungsi
analisa swot pada dasarnya adalah untuk memperoleh informasi terkait dengan
analisis situasi kemudian mengurainya menjadi pokok persoalan internal berupa
kelemahan dan kekuatan serta pokok persoalan eksternal yang meliputi ancaman
dan peluang.
Setelah anda membaca ulasan lengkap mengenai pengertian analisis
swot berdasarkan para ahli, agar lebih jelas, tentu Anda harus melihat secara
langsung contoh analisis swot terlebih dahulu.
Berikut ini adalah contoh dari analisa swot bisnis laundry.
Contoh Analisis SWOT :
1. Kekuatan (Strengths)
-Dibutuhkan masyarakat
-Lokasi laundry strategis dekat kos-kosan
2. Kelemahan (Weaknesses)
-Sampah plastik dan busa bekas sabun
-Biaya listrik membengkak
3. Peluang (Opportunitie)
-Segmen pasar jelas
-Jasa Laundry selalu dibutuhkan
4. Ancaman (Threats)
-Pesaing jasa laundry lain
-Suplay ketersediaan air menipis
Contoh Analisis SWOT Pada Perusahaan Astra :
Setelah itu yaitu contoh analisa SWOT pada
perusahaan untuk memberi deskripsi dan pemahaman yang lebih terang, mengenai
bagaimana praktik atau aplikasi yang sebenarnya.
Analisis SWOT PT. Astra Honda Motor (AHM)
Satu perusahaan dalam bagian industry
manufacturing yang berawal dari nama PT Federal Motor ini sudah berkembang
cukup cepat hingga jadi satu diantara perusahaan paling besar dalam taraf
nasional.Nyaris sepanjang 1/2 era, PT Astra Honda Motor
demikian menguasai pasar otomotif tanah air walau tidak luput dari gunakan
surut yang sukses dilewati sepanjang perjalanannya.
Untuk ketahui bagaimana perusahaan ini bisa
tetaplah berdiri
tegak dan mengenai beragam hal yang sempat dihadapi oleh PT AHM, jadi di bawah
ini yaitu contoh analisa SWOT yang kita peroleh.
STRENGTH (kEKUATAN)
Yaitu kemampuan yang jadikan modal basic PT
AHM dalam meningkatkan perusahannya serta bentuk kemampuan untuk dapat
berkompetisi dengan perusahaan beda di pasar :
- Kwalitas. Product yang dibuat oleh PT AHM memilii standar International hingga cukup diakui oleh orang-orang.
- Jumlah. Dengan mempunyai sebagian pabrik yang beroperasi, jadi produksi yang dibuat begitu maksimum.
- Branch Mark. Product Honda sudah jadi legenda untuk orang-orang Indonesia.
- Prestasi. Sudah banyak penghargaan yang disabet oleh PT AHM jadi bukti kalau ini yaitu perusahaan yang telah terkenal serta cukup banyak mempunyai kelebihan.
- Spare Part. Nyaris di semua tanah air bisa dengan gampang peroleh suku cadang aslinya.
- Dealer. Sudah menyebar bahkan juga sampai ke pelosok untuk mempermudah customer mencapainya.
- Tehnologi. Senantiasa ikuti perubahan tehnologi otomotif hingga kwalitas yang dibuat oleh PT AHM tetaplah terbangun.
- Harga Product. Bukan sekedar melaunching product untuk kelas atas, PT AHM juga sering kali meluncurkan product dengan harga rendah agar bisa mencapai semua bidang ekonomi beragam susunan orang-orang.
WEAKNESS (KELEMAHAN)
Tidak mutlak dengan semua kemampuannya, PT
ASTRA HONDA MOTOR juga mempunyai bagian kekurangan. Di bawah ini yaitu analisa
SWOT pada PT AHM untuk peroleh data tentang bagian kekurangannya hingga bisa
jadikan motivasi untuk usaha perbaikannya.
Jenis serta Design. Bila dibanding dengan
product otomotif dari perusahaan beda, motor Honda banyak ketinggalan pada
point desainnya. Hal semacam ini beresiko pada rasa ketertarikan orang-orang
yang mulai melirik product atau merk beda. Product Premium. Terdapat
banyak varian yang di keluarkan oleh PT AHM mempunyai harga yang cukup mahal
terutama tipe premium seperti motor sport yang di produksinya.
Tiruan. Sekarang ini banyak product asing yang
mengikuti spesifikasi dari product produk PT AHM dengan harga jual yang tambah
lebih murah seperti product motor china.
Suku cadang KW. Demikian halnya dengan pembajakan spare part yang mana bila customer tidak cermat jadi juga akan memperoleh suku cadang yang berkwalitas jelek karna banyak barang emitasi mengedar dipasaran.
Suku cadang KW. Demikian halnya dengan pembajakan spare part yang mana bila customer tidak cermat jadi juga akan memperoleh suku cadang yang berkwalitas jelek karna banyak barang emitasi mengedar dipasaran.
OPPORTUNITIES (PELUANG)
Selanjutnya yaitu kesempataan atau kesempatan
yang bisa dibidik oleh PT AHM dalam persaingan perebutan pasar tanah air saat
perubahan otomotif makin cepat. Jumlah Masyarakat. Tingkat populasi masyarakat
yang cukup besar adalah pasar mungkin yang bisa jadikan jadi tujuan penjualan
product. Makin banyak masyarakat peluang untuk jual product semakin banyak begitu
terbuka lebar.
Ekspansi export. PT Astra Honda Motor sudah
lakukan eksport produknya ke negara yang tengah berkembang. Ekspansi ini butuh
dikerjakan untuk meningkatkan market share serta penambahan penjualan dan
pelebaran jaringan pada product yang akan dipasarkan.
Keyakinan Honda Japan Corp. Keyakinan yang
memiliki brand Honda dari jepang pada PT Astra Honda Motor adalah satu
kesempatan untuk selalu meningkatkan potensi yang ada pada PT Astra Honda
Motor. PT Astra Honda Motor selalu bekerjasama manfaat melindungi kestabilan
jalinan serta perubahan tehnologi paling baru.
THREAT (ANCAMAN)
Lengkapi contoh analisa SWOT pada point paling
akhir yakni lakukan analisis pada bermacam ancaman yang mungkin saja juga akan
senantiasa dihadapi oleh PT AHM saat meniti perjalannya dalam industri bagian
otomotif.
Produsen beda. Lihat perubahan dari produsen
beda, seperti Yamaha yaitu satu diantara kompetitor terberat dalam bidang
industri otomotif nasional yang senantiasa berbenah serta mendatangkan desain
dan tehnologi paling baru.
Kebijakan Pemerintah. Mungkin saja sering
luput dari perhatian bahwasannya ketetapan yang di buat oleh pemerintah
terkadang cukup besar pengaruhnya pada keberlangsungan satu industry seperti
kenaikan harga BBM. Uang muka credit. Lihat sebagian product otomotif
yang lain, Honda masih tetap membanderol uang muka credit yang cukup tinggi
hingga menyusahkan customer untuk mencapainya.
Rangkuman :
Menarik rangkuman pada contoh analisa SWOT
pada PT Astra Honda Motor kesempatan ini yaitu kalau kesempatan pasar yang
cukup besar dengan tingkat keyakinan orang-orang yang telah tumbuh nyaris 1/2
era, jadi semua bentuk ancaman dan kekurangan yang ada pada PT AHM masih tetap
bisa teratasi dengan baik.
Apakah anda sudah mendapatkan gambaran
jelasnya mengenai Analisis Swot ? Dengan melihat ulasan definisi dan contoh
penerapan analisis SWOT pada bisnis laundry diatas, tentunya anda sudah mulai
memahami mengenai analisis swot. Lalu apa manfaatnya ? Berikut ulasan mengenai
manfaat analisis SWOT itu sendiri.
Manfaat Analisis SWOT :
Faedah dari analisa SWOT yaitu didapatnya satu
kiat untuk beberapa stakeholder untuk mengambil keputusan beberapa fasilitas
sekarang ini atau kedepan pada kwalitas internal ataupun eksternal. Dengan
terdapatnya 4 aspek sama-sama terkait, jadi analisa ini juga akan memberi
keringanan dalam wujudkan misi serta visi satu perusahaan atau organisasi
spesifik.
Satu diantara faedah analisa SWOT dalam bagian
usaha umpamanya, jadi analisa SWOT juga akan berguna bila sudah ditetapkan
dalam usaha apa perusahaan beroperasi, menuju ke arah mana perusahaan di masa
depan, serta ukuran apa sajakah yang dipakai untuk menilainya kesuksesan
manajemen dalam menggerakkan misi untuk wujudkan visinya.
Sekian ulasan lengkap
mengenai pengertian analisis SWOT beserta contoh dan
juga manfaat dari analisa swot. Dengan adanya ulasan di atas, semoga wawasan
Anda semakin bertambah, khususnya untuk anda yang sedang belajar membuat
analisis SWOT.
Sumber : Pengertianparaahli.com
Sumber : Pengertianparaahli.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar