Rabu, 20 Februari 2019

KONSISTENSI ADMINISTRASI PROJECT (Bag 2)

Konsistensi Adminisrasi Project Bag 2

Konsisten terhadap administrasi di proyek sangat dibutuhkan, Hal tersebut selain untuk kemudahan dalam pengajuan progres tagihan bisa juga sebagai bahan lampiran penolakan terhadap denda yg akan diturunkan owner apabila terjadi keterlambatan. Argumen yg dibawa dari adminitrasi yg konsisten bisa membuktikan asal keterlambatan, seperti durasi approval yang memang terlambat disetujui.

Setelah pembahasan pada Bagian 1, kali ini akan kita bahas item item administrasi yang masih sangat diperlukan diproyek yaitu diantaranya :

  • Laporan Harian/Mingguan/Bulanan Proyek
Laporan Harian melingkupi Laporan pekerjaan yang dilakukan , jumlah tenaga kerja dan peralatan yang digunakan, serta mapping hasil pekerjaan , serta laporan kedatangan material dan keluaran  barang. Makin komplit yg terekord pada laporan harian maka makin memudahkan dalam tracing/menelusuri suatu kejadian. 
Laporan Mingguan merupakan rekapitulasi dari laporan harian selama seminggu .
Laporan Bulanan merupakan rekapitulasi dari laporan mingguan .
  • Berita Acara dan Monitoringnya
Berita acara dalam setiap proyek bertujuan legalisasi suatu kegiatan, seperti kedatangan material, apabila akan diajukan bobot progresnya maka harus dibuatkan berita acara kedatangan material atau berita acara material on site. Begitu pula kegiatan Testing, akan ada nilai pembobotannya apabila Berita acara testing tersebut sudah mendapatkan approval pemberi kerja . Begitu juga dalam melakukan pembongkarang material yg telah kita pasang, tidak akan diproses pengajuan kerja tambahnya apabila berita acara tidak diselesaikan .Monitoring diperlukan guna mengetahui kapan Berita acara diserahkan dan kapan berita acara tersebut diterima kembali .
  • Transmittal (Tanda Terima)
Semua penyerahan dokumen, baik itu surat keluar, Berita acara - berita acara, Drawing ,Invoice dll, dibuatkan Transmittal . Biasanya Transmittal kita pisahkan dalam penomerannya , atau dipisahkan dalam filing terpisah setiap itemnya .Dan Transmittal yang terkendali adalah transmittal yang termonitoring dalam sebuah List. 


Johar 20. 21.02.2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar